mtubl

Magister Teknik Universitas Bandar Lampung (UBL) merupakan program studi yang selalu mengacu pada implementasi di dunia kerja yang selalu mengedepankan mutu, dan kualitas sumberdaya manusia (SDM) para lulusannya. Kaprodi PPS MT UBL, Ronny Hasudungan Purba, S.T., MSc.E., Ph.D., menegaskan sejak berdiri 2006 silam, prodi naungannya sudah memiliki lima peminatan, yakni struktur, transportasi, sumberdaya air, manajemen konstruksi, hingga perencanaan wilayah dan kota dan telah berhasil menetaskan lulusan para praktisi-akademisi handal perbidangnya.

Saat ini, PPs MT UBL, telah memiliki poin akreditasi‘B berdasarkan Keputusan BAN-PT Kemenristekdikti No.025/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013. Saat ini, hingga di angkatan 27, total kini ada 200 mahasiswa aktif. Selain itu ada berkisar 500 lulusan MT UBL. “Cukup membanggakan para alumni kita,banyak bekerja diposisi penting di instansi pemerintahan kabupaten/kota hingga provinsi. Itu belum termasuk, berkecimpung sebagai akademisi UBL dan berbagai perguruan tinggi di Lampung. Disamping pula, menjadi petinggi diperusahaan swasta lokal, domestik, regional dan nasional,” Ujarnya.

Disinggung keunggulan MT UBL, Ronny H. Purba beberkan pihaknya mengakomodir para mahasiswa, bisa berkuliah secara reguler maupun kolektif dengan kelas terjadwal, teratur dan terintegrasi. “Itu termasuk rancangan kuliah, kemudahan dalam penelitian, penulisan tesis, dengan kepastian waktu kelulusan tidak molor. Dari sisi akademik, materi kuliah dan kasus tesis sesuai aplikatif kerja (profesi)nya,” Akunya di Gedung L, Kampus B, Pascsarjana, Dra.Hj. Sri Hayati Barusman, Senin (16/1/2017).

Selain faktor diatas, PPs MT UBL juga mengaplikasikan observasi studi banding lapangan akademis, atau fieldtrip kebeberapa proyek pembangunan terbaru. Fungsinya,para mahasiswa tidak hanya belajar tetapi mengobservasi langsung kepada praktisi pelaksana tentang gambaran proyek sebagai penambah literatur ilmu dikelas. Terkait ketersediaan dosen PPs MT UBL didominasi lulusan Doktoral (S3) baik dalam mapun luar negeri. Tak hanya itu, terkait resolusi 2017, MH UBL ingin mengembangkan mata kuliah, sesuai kebutuhan rencana pembangunan nasional seperti mengintegrasikan keilmuan pengembangan tata wilayah kota dengan teknik sipil, arsitektur, planulogi perumahan kota, dan lingkungan.

“Dengan langkah ini, kedepan publik bisa memahami bahwa MT UBL, serius menjalani, dan memiliki pelaksanaan pendidikan pascasarjana bermutu dan jelas,” Pungkasnya. (Rep. BMHK/Ed. AX)