jepang

Mahasiswa Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Bandar Lampung (UBL) angkatan IV UK SERP langsung ikut serta di Asian Institute of Low Carbon Design (AILCD) International Conference and Workshop 2017 di Kitakyushu, Japan.

Kiprah Program Studi Arsitektur UBL yang rutin mengirimkan para mahasiswanya untuk terlibat di program student exchange bertajuk University of Kitakyushu Student Exchange and Research Program (UK-SERP) di Universitas Kitakyushu, Jepang. Tahun ini pun, Arsitektur UBL mengirimkan enam mahasiswanya, yakni Ratih Puspa Irnatira (semester 7) dan Dian Perdana (semester 9) yang mengikuti program internasional meriset dan re-design distrik Kokura sebagai pusat kota Kitakyushu terpadu selama 6 bulan. Empat mahasiswa sisanya, Adni Juliansyah, Valian Putra Sayoga, Rosmini Sofia, dan Sunan Alqo (semester 7) mengikuti program International Workshop and Conference.

Dekan Fakultas Teknik UBL Dr. Eng. Fritz Akhmad Nuzir, S.T., MA., menegaskan AILCD International Conference and Workshop dibagi dalam dua sesi acara. Untuk International Conference, dan langsung disambung dengan International Student Workshop berlangsung pada (17/2) hingga (1/3) mendatang.

“Alhamdulillah, tim mahasiswa dan dosen arsitektur UBL telah menyelesaikan presentasi paper di AILCD International Conference di University of Kitakyushu, Jepang. Next (berikutnya), lanjut ke international design workshop bersama mahasiswa-mahasiswa dari Jepang, Tiongkok, Thailand, Vietnam, dan Taiwan. Doakan kami,” Ucapnya.

Salah satu peserta Prodi Arsitektur, FT UBL di Program UK-SERP di Universitas Kitakyushu, Jepang, Dian Permana membenarkan dia berselama para mahasiswa AILCD, selama Oktober 2016 mengikuti Program Enjoy Jepang untuk empat bagian. Dimulai belajar langsung bahasa Jepng hingga mendalami mengadopsi kajian keilmuan arsitektur dari Jepang. “Dimulai Program Enjoy Japan Part 1, mengeksplorasi Oki-Machi Mizuma-Gun, Prefektur Fukuoka, Jepang. Lalu, Enjoy Japan Part 2 di Kota Kurosaki, dilanjutkan bersama Ratih dan mahasiswa dari negara Asia lain mengikuti Enjoy Japan Part 3 menelaah Eco Town di Fukuoka. Memasuki Enjoy Japan Part 4, mengamati Eco House Space World, masih dikota yang sama (Fukuoka),” Paparnya. (Rep. BMHK/Ed. AX)